Sunday 3 March 2013


Pair Forex EURUSD memiliki sentimen yang berbeda jika dilihat menurut sudut pandang berdasarkan Time Frame. Jika dilihat dari TF W1, Euro masih tampak akan menguat terhadap US Dollar. Tetapi, apabila dilihat dari TF D1, Euro memang terus mengalami penurunan seminggu kemarin.

Banyak trader berpendapat bahwa penurunan Euro kemarin adalah aksi koreksi market dengan sentimen yang bullish. Tetapi, banyak juga yang berpendapat sebaliknya, jika dilihat dari sudut pandang fundamental, dimana Euro masih akan diliputi krisis utang, apalagi setelah pemilu Italia diperkirakan akan terjadi deadlock koalisi pada pemerintahan.

Secara analisa teknikal, pada TF W1, tampak bahwa market telah gagal menembus support pada bulan Juli 2012, dan setelah itu membentuk trend bullish.

Jika dilihat dari TF D1, tampak bahwa market terus bergerak bearish setelah membentuk High pada tanggal 1 Februari 2013. Dari gambar dibawah, juga tampak ada support di area 1.2830

Hasil analisa:
TF W1 = Bullish
TF D1 = Bearish
Sentimen = Bullish atau Bearish?

Trader dengan analisa teknikal, tentu sepakat bahwa TF yang lebih besar yang lebih bisa diandalkan untuk acuan trend. Tetapi, apakah kita harus menunggu market menembus High tanggal 1 Februari dulu baru kemudian kita masuk ke dalam market? Tentu saja tidak. Berikut rekomendasi trading saya:

Rekomendasi Trading:

1) Acuan trend tetap menggunakan TF yang lebih besar. Dalam hal ini, sentimen market EURUSD adalah bullish.

2) Dengan demikian, kita menganggap bahwa saat ini market sedang terkoreksi sementara hingga "batas tertentu", sebelum melanjutkan bullishnya. 

3) Pada gambar TF D1 diatas, tampak bahwa support berada di area 1.2830. Area ini bisa kita asumsikan sebagai "batas koreksi pair".

4) Masih ada ruang 184 poin, jika Anda ingin SELL sekarang.

5) Opsi SELL lainnya, gunakan TF yang lebih kecil lagi, yaitu H1, lalu gambar Support dan Resistance nya. Pada gambar dibawah, support terletak di 1.3040. Pasang Sell Limit di level tersebut.

6) Rekomendasi terakhir, pasang Buy Limit di 1.2830

Apakah Anda punya opini lain? Silahkan berkomentar. Saya tentu akan senang jika kita bisa berdiskusi, bukan berdebat.

Thank you :)

0 comments:

Post a Comment

Silahkan untuk memberikan komentar Anda secara bebas. Semakin banyak masukan, kritikan, dan opini dari Anda tentu akan membuat artikel ini lebih bermanfaat. Thank You :)